Cari Artikel Blog saya

Loading...

PARIWISATA BERBASIS IT Dan WEB YANG BAIK UNTUK PARIWISATA

Saatnya Pariwisata Berbasis Teknologi Informasi

Bahwa dunia pariwisata adalah menjadi salah satu bidang garapan pemerintah daerah dalam implementasi egovernment untuk mempublikasikan/ memasarkan) potensi wisata di daerah. Berbasis TI dalam hal ini berarti adanya suatu Sistem Informasi Manajemen yang berbasis pada pengolahan data elektronik.

Sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan rakyat maka kebutuhan untuk berlibur meningkat. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan informasi tentang tujuan wisata, objek wisata yang menarik, sarana yang tersedia seperti transportasi untuk mencapai tujuan wisata, produk wisata yang diminati dan lain sebagainya. Untuk memperoleh informasi tersebut wisatawan sering mengalami kesulitan karena tidak mengetahui dimana dan pada siapa harus meminta informasi. Singkatnya kebutuhan informasi di bidang pariwisata meningkat dan perlu disiapkan dengan rapi dan terstruktur agar dapat diakses dengan mudah.

Selain kebutuhan wisatawan akan informasi yang lengkap, akurat dan mudah didapat, maka pihak lain yang juga membutuhkan data dan informasi tersebut adalah pihak pengelola industri pariwisata dan pemerintah sebagai pihak pengambil keputusan dan penentu kebijakan dibidang pariwisata. Namun penekanan kebutuhan data dan informasi bagi masing-masing pihak berbeda. Jika bagi wisatawan adalah untuk memudahkan mereka menentukan rencana perjalanan wisatanya sementara bagi industri pariwisata dan pemerintah adanya sistem informasi yang baik sangat membantu mereka untuk tujuan pengambilan keputusan. Suatu Sistem Informasi Manajemen (SIM) dapat membantu baik pemerintah maupun industri/ pelaku pariwisata.

Sejalan dengan keinginan pemerintah untuk memajukan industri pariwisata maka tentunya ada keinginan besar untuk menata informasi data pariwisata sebaik-baiknya agar masyarakat yang membutuhkan dapat memperoleh dengan cepat, akurat dan dapat disebarluaskan dengan mudah pula. Ada berbagai cara untuk penataan informasi tersebut. Kalau jaman dulu informasi disebarluaskan dari mulut ke mulut, kemudian melalui radio, surat kabar, televisi dan media informasi lainnya maka sekarang dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi ada beberapa sarana baru yang lebih mempercepat penyebarluasan informasi.

Secara umum saat ini SIM merupakan kebutuhan setiap organisasi. Hal ini disebabkan karena data yang disimpan suatu organisasi harus selalu diperbaharui dan ditambah, sehingga keberadaannya dapat membantu memberikan keputusan dengan cepat. Untuk bidang pariwisata maka SIM dapat digunakan untuk mengelola data yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan, industri pariwisata maupun pemerintah. Data pariwisata yang banyak dan selalu bertambah membutuhkan pengelolaan yang tepat. SIM punya kemampuan untuk membantu mengambil keputusan, dan juga menyediakan informasi bagi pengguna data dan informasi pariwisata. Keberadaan sistem informasi manajemen yang terintegrasi dengan baik, disertai dengan dukungan sistem komputer, akan sangat membantu pengelolaan data pariwisata.

Disamping kesiapan dari sistem pengelola data maka orang yang membangun struktur sistem informasi ini harus benar-benar mengerti kebutuhan pengguna data tersebut, karena informasi pariwisata memiliki karakteristik data yang sangat beragam seperti objek dan daya tarik, data hotel, data sarana transportasi, dan data-data fasilitas lain, hingga ke data statistik seperti jumlah wisatawan dan pemandu wisatanya, perlu dikelola secara terintegrasi. Data-data ini juga sangat dinamis, sehingga kompleks dalam pemilahannya, serta harus diperhatikan masalah keakuratan atau kebenaran datanya. Kegunaan dari setiap data juga harus diperhatikan berdasarkan segmen pasar penggunanya.

web pariwisata yang baik

Pemanfaatan internet di dunia pariwisata dalam bentuk Website/Portal sangat beragam mulai dari sekadar pemberian layanan informasi dan promosi sampai layanan yang lebih kompleks misalnya : reservasi online (hotel, paket wisata, transportasi dll), sistem pembayaran online, pengelolaan data base pariwisata daerah dan proses interaksi dan transaksi lainnya.

Beberapa hal dari pemanfaatan internet untuk pariwisata antara lain :

  1. Komunikasi tidak mengenal batas ruang dan waktu , misal : orang Amerika yang ingin mencari informasi obyek wisata dan akomodasi di suatu daerah tertentu di Indonesia.
  2. Akses yang mudah karena dapat dilakukan dari rumah
  3. Menyediakan informasi sedetail mungkin : harga, lokasi, informasi sekitar, cuaca, atraksi, events, secara interaktif dan up to date.
  4. Jangkauan yang sangat luas ke seluruh dunia dan murah.
  5. Melawan ”bad publicity” tentang Indonesia misal : Indonesia dianggap tempat teroros dan kerusuhan sehingga orang takut berkunjung.
  6. Menambah kredibilitas suatu organisasi karena memiliki e-mail dan website.
  7. Website yang memakai dua bahasa yaitu Indonesia dan English/standard international

Kehadiran internet terutama tersedianya website/ portal pariwisata yang handal, lengkap dan interaktif tentu sangat mendukung promosi tujuan wisata yang ada di suatu daerah, sebagai contoh : sebuah website pariwisata milik suatu pemda memuat suatu promosi perjalanan wisata ke daerah yang meliputi :

  • Lokasi obyek wisata (dimana, apa saja yang bisa dilihat)
  • Waktu yang dibutuhkan
  • Perkiraan biaya
  • Pendukung yang terkait (hotel, restoran, toko souvenir, sarana hiburan, atraksi wisata)
  • Saran souvenir yang perlu dibeli
  • Budaya lokal (adat istiadat, bahasa, kesenian dll)

Teknologi yang tersedia harus dipilih dengan tepat, terutama menyangkut jenis layanan wisata yang ditampilkan, untuk sekadar publikasi, maka cukuplah sebuah website yang memuat info pariwisata di sebuah daerah, berupa gambar/ foto-foto dan narasi serta informasi yang diberikan masih bersifat satu arah, hanya berisi penjelasan supaya masyarakatmengetahui (web prsence).

Sedangkan untuk layanan yang lebih kompleks dan rumit diperlukan teknoogi yang lebih “advance” misalnya : diperlukan adanya website yang interaktif dengan animasi flash, gambar dan link yang lengkap, sehingga calon customer bisa meminta suatu penjelasan secara lebih detail. Perlu ditambah pula menu semacam, jadwal trayek atau peta jalan interaktif sehingga memudahkan calon customer untuk bisa sampai di suatu tempat, perlu dipikirkan pula menu transaksi yang harus ada misalnya : reservasi hotel, nilai tukar mata uang, kamus, waktu/ jam, pembayaran online, layanan sms interaktif, interaktif voice response/ call center, dan lain-lain.

Supaya suatu website diminati oleh calon customer maka diperlukan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Informasi harus di up date secara berkala (events, info baru, berita, artikel, gambar, film, animasi, dll)
  2. Suatu website juga harus responsif terhadap request dan pertanyaan (banyak yang tidak menjawab email) serta tanggap terhadap keiningan pengunjung dan komunikatif (memahami alasan mengapa audiens web mendarat di suatu website).
  3. Sesuaikan dengan target pembaca/ pengunjung dengancara penyampaian informasi (calon wisatawan asing membutuhkan informasi dalam bahasa Inggris/ atau bahasa asing lainnya dan dalam bahasa Indonesia).

Kendala

Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh suatu Dinas Pariwisata di daerah untuk mengembangkan egovernment di bidang pariwisata adalah sebagai berikut:

  • Kesulitan utama secara teknis ada pada ketersediaan akses internet, serta peralatan komputer dan jaringan yang kurang memadai.
  • Secara non teknis kesulitan ada pada ketersediaan data (content) dari Dinas Pariwisata sendiri yang mana sangat membutuhkan kerjasama dan keterbukaan dari setiap bidang dan seksi yang ada, sehingga data dapat terintegrasi dengan baik.
  • Kemampuang SDM yang relatif masih rata-rata dan belum sampai pada tingkat yang mahir khususnya penguasaan jarirngan komputer dan internet.
  • Pariwisata berbasis TI belum menjadi ”minded” dari pimpinan daerah yang dimana pada beberapa daerah, Dinas Pariwisata masih ”dianggap” dinas yang ”kering” dan ”dihindari” oleh para pejabat

Contoh web yang saya ambil dari www.kratonjogja.com mereka sudah menggunakan web yang baik untuk pariwisata mereka. Dan juga informasi yang mereka sajikan seperti di bawah ini ternyata bukan Cuma kraton yang di muat di dalam web ini termasuk Malioboro, Kasongan, Alat Transportasi di Jogja. Semua itu ada di web ini jadi kita tinggal mengakses halaman web ini kita sudah bisa melihat budaya yang ada di jogja secara keseluruhan.

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah satu-satunya keraton di Nusantara yang pemerintahannya masih berjalan hingga kita, Rajanya Sri Sultan Hamengkubuwono dan untuk saat ini adalah yang ke sepuluh. Seiring modernisasi dan perkembangan arus informasi, ternyata Keraton yang dalam konteksnya tetap memegang kultur dan budaya yang agung dengan tradisi yang masih dilestarikan, memiliki situs yg bisa diakses oleh setiap orang dimana dalam situs tersebut disajikan tampilan yang sederhana dan disajikan dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) shg mempermudah kita untuk mencari informasi tentang Keraton dan segala sesuatu ttg Yogyakarta.. Pada Situs ini disajikan tentang:

1. Cagar Budaya yg dlm sajiannya menjelaskan tentang beberapa tempat bersejarah di lingkungan Keraton dan beberapa tempat lainnya yg ada keterkaitannya dg keraton, seperti Tamansari, Jeron Beteng, Museum Sonobodoyo, Dalem Joyokusuman, Dalem Pakuningratan, Dalem Yudonegaran, Dalem Kaneman, dan Dalem Suryaputran, adalah beberapa tempat yang menyimpan momen-momen bersejarah Kraton Jogja.

2. Kuliner menu ini memberikan gambaran tentang masakan tradisional dan tempat-tempat jajan di Yogya, ada Gudeg Jogja; Nasi Blawong kesukaan raja-raja Kraton, Gethuk, Klepon, Geplak, yg tersedia dipasar tradisional seperti Gadri Resto, Bale Raos, Pasar Ngasem.

3.Workshop & Artshop, kita akan dimanjakan dengan berbagai informasi kerajinan batik, kerajinan wayang, perak dan tempat belanjanya sekalian.

4. Komunitas Seni di Kraton Yogjakarta yang mencerminkan keaslian jiwa budaya kota ini diwakili yayasan Siswo Among Bekso dan Candra Laras.

5. Lain-lain ditambah lagi dg informasi yg menceritakan ttg Malioboro, Kasongan, Alat Transportasi di Jogja.

6. Akomodasi kita akan terbantu dengan adanya informasi tentang Terminal, Bandara, Stasiun, Taksi yg lengkap dg No. Telpnya.

7. Tip & Trik pada menu ini diberikan tip dan trik agar kita aman dan nyaman selama di Jogja, sperti bagaimana kita bisa berbelanja murah di Malioboro, Kasongan ato Pasar Beringharjo.

8. Buku Tamu sekedar saran dan kesan yg ingin kita sampaikan pada pengelola.

9. Galeri Foto beberapa foto yang memberikan gambaran tentang suasan Keraton dan kegiatannya.

10. Peta Wisata untuk dapat menggambarkan suasana dan rencana perjalannan

tentunya kita bisa klik di peta wisata ini. Website yg di kelola oleh KKN Tematik UGM ini launching sejak 2006 dan pada situs ini juga memberikan informasi tentang Produk Dagadu juga ada beberap yg lain sperti telkomsel; www.bandit.com yg merupakan situs salah satu radio di Yogya; serta Air Mancur dan SGM Sari Husada, nah.. sebelum pergi ke Yogya.. silakan masuk di http://www.kratonjogja.com.

Post a Comment

Terimakasi sudah mampir di blog saya apa lagi kasi comment